Minggu, 13 Februari 2011

Laporan SD-SN



                                                                       DAFTAR       ISI                                                                                                                                                    
KATA PENGANTAR
i
DAFTAR ISI
ii
LAPORAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN
iii
BAB 1
PENDAHULUAN
1

A.
Latar Belakang
1


-        Gambaran Umum Profil Sekolah
1


-        Pentingnya Sekolah sebagai SDSN



-       Manfaat adanya Bantuan Sosial SDSN



-       Hasil sebagai Penyelenggara SDSN


B.
Tujuan

BAB II
PELAKSANAAN PEKERJAAN


A.
Program Pekerjaan Bantuan Sosial



1.         Uraian/Deskripsi



2.         Rincian Program Pelaksanaan Pekerjaan dan Penanggung                  Jawab Kegiatan


B.
Waktu Pelaksanaan


C.
Penggunaan Dana Bantuan Sosial



1.
Jumlah Dana



2.
Rincian Penggunaan Dana secara keseluruhan


D.
Dukungan Pihak Lain


E.
Kendala Umum dan Solusinya

BAB III
PENUTUP

LAMPIRAN-LAMPIRAN :
-        Profil Sekolah
-       SK Kepala Sekolah tentang pembentukan tim pengembang
-       SK Kepala Sekolah tentang tim pengembang pemesanan barang
-       Surat Penawaran Pengadaan Program SDSN Sekolah Dasar
-       Surat Permintaan Harga Sesuai dengan RAB
-       Surat pesanan barang
-       Berita Acara Penelitian Penawaran harga
-       SK Kepala Sekolah tentang TIM penerima dan pemeriksaan barang
-       Berit Acara Pemeriksaan an Penerimaan Barang
-       SK Kepala Sekolah tentang penunjukan bendahara
-       Surat Perintah Kerja
-       Surat Pernyataan dari CV. Media Nusantara
-       Surat perjanjian dan kesepakatan bersama pesanan pembelian buku dan   barang
-        Foto Copy Rekening Bank
-        Buku Kas Umum Agustus sampai dengan Desember 2010
-        Faktur pengiriman barang
-        Kwitansi dan nota pembelian 
-        Surat pernyataan kesanggupan melaksanakan pekerjaan
-        Berita acara pembentukan tim pelaksana subsidi pengembang SDSN   
-        Laporan penerimaan dana bantuan sosial SDSN tahun 2010
-        SPP Pajak
-        Foto Kegiatan


             Senin, 27  Desember  2010
                 Laporan  SDSN  2010  SDN Banjarmadu  Karanggeneng  Lamongan 

KATA PENGANTAR

                                   Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN) merupakan salah satu wujud peningkatan lembaga pendidikan sekolah dasar. SDSN diharapkan dapat menjamin mutu pendidikan sekolah dasar dalam  rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat untuk mendukung cita-cita membangun manusia Indonesia seutuhnya, yaitu “Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif meliputi cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis. Kompetitif mengandung makna berkepribadian unggul, bersemangat juang tinggi, mandiri, pantang menyerah, inovatif, dan produktif.”
                            Dalam rangka pelaksanaan program SD-SN di SDN Banjarmadu  kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan Kepala Sekolah SDN Banjarmadu menyusun laporan penggunaan dana bantuan SDSN mulai dari awal penerimaan sampai dengan akhir penggunaan sesuai dengan petunjuk baik juknis maupun juklak , sebagaimana tersirat secara lengkap dalam daftar isi laporan ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya kepada Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar yang telah memfasilitasi dan menyusun buku panduan penyelenggaraan sekolah dasar standar nasional yang memuat konsep dasar, strategi pengembangan, dan implementasi program.
                              Mohon ma’af  apabila dalam  laporan ini terdapat  kesalahan dan kekurangan , oleh karena itu kritik dan saran sangat kami butuhkan demi kesempurnaan laporan tersebut dan  kami berharap laporan ini dapat dijadikan acuan oleh berbagai pihak baik pusat maupun daerah dalam melaksanakan program SD-SN terutama bagi sekolah SDN Banjarmadu  kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan.



                                                                                Lamongan, 27 Desember 2010
                                                                                Kepala SDN Banjarmadu




                                                                                                         MOCHAMAD  MAS’UD
                                                                                                         NIP.196105121982011022 


                                              BAB  I   Pendahuluan


  1. Latar Belakang
              Permasalahan utama pendidikan adalah disparitas mutu pendidikan khususnya yang berkaitan dengan (1) ketersediaan pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memadai baik secara kuantitas dan kualitas, maupun kesejahteraannya,  (2) prasarana sarana belajar yang belum tersedia, dan bilapun tersedia belum didayagunakan secara optimal, (3) pendanaan pendidikan yang belum memadai untuk menunjang mutu pembelajaran, (4) proses pembelajaran yang belum efisien dan efektif; dan penyebaran sekolah yang belum merata, ditandai dengan belum meratanya partisipasi pendidikan antara kelompok masyarakat,  seperti masih terdapatnya kesenjangan antara penduduk kaya dan miskin, kota dan desa, laki-laki dan perempuan, antarwilayah. Dua permasalahan tersebut di atas menjadi bertambah parah karena tidak didukung dengan komponen-komponen utama pendidikan seperti kurikulum, sumberdaya manusia pendidikan yang berkualitas, sarana dan prasarana, serta  pembiayaan.
             Belajar dari kondisi tersebut, solusi pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah menerbitkan UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang tercermin dalam rumusan Visi dan Misi pendidikan nasional. Visi pendidikan nasional adalah mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Sedangkan misinya adalah: (1) mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia; (2) meningkatkan mutu pendidikan yang memiliki daya saing di tingkat nasional, regional, dan internasional; (3) meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat dan tantangan global; (4) membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar; (5) meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral; (6) meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar yang bersifat nasional dan global; dan (7) mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
             Untuk mewujudkan Visi dan menjalankan Misi pendidikan nasional tersebut, diperlukan suatu acuan dasar (benchmark) oleh setiap penyelenggara dan satuan pendidikan, yang antara lain meliputi kriteria dan kriteria minimal berbagai aspek yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan. Acuan dasar tersebut di atas merupakan standar nasional pendidikan yang dimaksudkan untuk memacu pengelola, penyelenggara, dan satuan pendidikan agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu. Standar nasional pendidikan sebagai penjabaran Visi dan Misi pendidikan nasional tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pada dasarnya Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Pendidikan memuat kriteria minimal tentang komponen pendidikan yang memungkinkan setiap jenjang dan jalur pendidikan untuk mengembangkan pendidikan secara optimal sesuai dengan karakteristik dan kekhasan programnya. Lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Selain itu, standar nasional pendidikan juga dimaksudkan sebagai perangkat untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas publik dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional.
                         Sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan formal mengemban amanah  untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan mendukung visi dan misi pendidikan nasional. Oleh karena itu SDN Banjaramadu perlu memiliki visi , misi dan tujuan sekolah. Dengan adanya visi , misi dan tujuan sekolah, dapat dijadikan arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan.
            Berikut ini visi, misi dan tujuan pendidikan SDN Banjarmadu.

1.    Visi Sekolah
Unggul dalam Prestasi, Berakhlakul Karimah serta Kokoh dalam Keimanan dan Ketakwaan

2.    Misi sekolah
a.    Meningkatkan mutu pendidikan melalui pakem mengarah Life skill, disiplin dan berakhlakul karimah.
b.    Mewujudkan pemahaman Al – Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
c.    Menerapkan menegemen dan membuka semangat keunggulan seluruh warga sekolah
d.    Melakukan hubungan dengan pihak lain dalam bentuk IPTEK

3.    Tujuan sekolah
a.    Meningkatkan nilai rata-rata prestasi UAS untuk semua mata pelajaran
b.    Mewakili lomba mata pelajaran tingkat kecamatan untuk maju tingkat kabupaten
c.    Menjadi juara lomba siswa berprestasi tingkat kecamatan untuk maju lomba tingkat kabupaten
d.    Menjadi wakil kecamatan dalam bidang porseni ke tingkat kabupaten
e.    Meningkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab pada diri siswa melalui kegiatan kepramukaan, dan kegiatan ekstra kulikuler lainnya
f.     Mengadakan sarana Drum Band untuk kegiatan ekstra kulikuler.
g.   Melengkapi sarana keagamaan dan kegiatan olah raga
h.    Mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan yang lebih tinggi yaitu SMP.
i.     Melaksanakan penghijauan untuk kerindangan sekolah, taman, dan halaman sekolah
j.     Melaksanakan kerukunan antar umat beragama
k.    Mewujudkan peran serta masyarakan ( komite, wali murid paguyuban )

-       Gambaran Umum Profil Sekolah
Sekolah Dasar Negeri Banjarmadu Kecamatan Karanggeneng didirikan pada tahun 1952 dan telah direnofasi pada tahun 2007 dan 2009, terletak dijalan Raya Sukodadi - Karanggeneng No. 10 Desa Banjarmadu ( 13 Km kearah barat laut dari ibu kota Kabupaten Lamongan ) Sekolah ini letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan serta dikelilingi oleh pemukiman penduduk petani, dan merupakan pintu gerbang bagian selatan untuk masuk pusat pemerintahan Kecamatan Karanggeneng, serta berdekatan dengan lembaga pendidikan yang lain, sehingga membuat SDN banjarmadu menjadi salah satu tujuan utama masyarakat untuk menyekolahkan anaknya.
Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, ada sejumlah prestasi yang telah dicapai oleh SDN Banjarmadu, antara lain : lulusan setiap tahun selalu 100%, dalam lomba mata pelajaran SDN banjarmadu selalu menjadi juara ditingkat gugus maupun Kabupaten.
Pada dua tahun terakhir ( 2009 dan 2010 ) prestasi juara akademik menjadi juara kecamatan dan mewakili ke tingkat kabupaten, hasil kejuaraan antara lain juara III siswa berprestasi, juara II lomba baca puisi.
Walaupun SDN Banjarmadu telah memiliki sejumlah prestasi yang baik, namun sejalan dengan tuntunan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan, SDN Banjaramadu memerlukan peningkatan dan pengembangandalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kurikulum, pembelajaran, sumber daya manusia, sarana prasarana, kesiswaan, pendanaan dan peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan.

-       Manfa’at adanya Bantuan Sosial SDSN
Perangkat media pendidikan, buku dan peralatan pendidikan dimanfaatkan untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan menunjang pengembangan/inovasi dalam pendidikan khususnya pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi ( TIK ) baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Perangkat keras meliputi komputer ( untuk pembelajaran dan administrasi ) dan Laptop/Notebook, printer, Infocus/LCD, dan layar/Screen. Pembelajaran. Sedangkan perangkat lunak ( software ) berupa CD Pembelajaran untuk mata pelajaran matematika, sains, dan pengetahuan sosial.
Dengan adanya bantuan sosial SDSN, banyak permasalahan yang bisa teratasi utama pembelajaran tentang school net juga mengenai buku sumber dan buku pengayaan disamping peralatan pendidikan, yaitu alat peraga pendidikan semua itu sangat menunjang kemajuan pendidikan di SDN Banjarmadu.

-       Hasil sebagai penyelengara SDSN
Hasil yang diharapkan dari program bantuan sosial Sekolah Dasar Standar Nasional adalah sebagai berikut :
1. Adanya kesamaan pemahaman/persepsi tentang Sekolah Dasar Standar Nasional
2. Adanya panduan bagi sekolah dalam melaksanakan Sekolah Dasar Standar Nasional
3. Adanya panduan bagi para pembina dalam melakukan pembinaan dan pengendalian SKM

B.   Tujuan
1.    Tujuan Umum
-       Meningkatkan kualitas pendidikan nasional.
-       Memberikan layanan pada siswa untuk berpotensi mencapai prestasi bertaraf nasional.
-       Menyiapkan lulusan SDSN yang mampu berperan aktif dalam masyarakat.

2.    Tujuan Khusus
Menyiapkan lulusan SDN Banjarmadu yang memiliki kompetensi seperti yang tercantum di dalam Standar Kompetensi Lulusan :
-       Individu yang agamis.
-       Individu yang nasionalis.
-       Pemikir yang kritis , kreatif dan inofatif.
-       Pemecah masalah yang efektif dan inofatif.
-       Individu yang mampu bekerjasama.
-       Pembelajar yang mandiri.

                              B A B  II  PELAKSANAAN PEKERJAAN

  1. Program Pekerjaan Bantuan Sosial
  1.  Sesuai dengan hasil analisis maka SDN Banjarmadu sangat membutuhkan:
1.    Pengadaan teknologi informasi Komunikasi dalam pembelajaran dalam rangka school net
2.    Pengadaan buku sumber dan buku pengayaan
3.    Pengadaan Peralatan Pendidikan 

       2   Rincian Program Pelaksanaan Pekerjaan dan Penanggungjawab kegiatan
Pelaksanaan pekerjaan bantuan sosial ini dilaksanakan secara swakelola oleh kepala sekolah bersama komite Sekolah dan Tim Pengembang SDSN. Tim Pengembang SDSN dibentuk oleh kepala sekolah bersama komite sekolah dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah.
Peran, tugas, dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pekerjaan sebagai berikut :
1.    Kepala Sekolah bertindak sebagai penangung jawab dalam pelaksanaan pekerjaan
2.    Panitia sebagai pelaksana dalam setiap pekerjaan bantuan sosial SD-
SN         
                 3. Kepala sekolah bersama komite sekolah dalam melaksanakan
                     pekerjaan tersebut dapat mengalang partisipasi masyarakat sesuai
                     dengan perinsip MBS dan otonomi sekolah.
 
      B.  Waktu Pelaksanaan
Rencana waktu pelaksanaan maksimum 90 ( sembilan puluh ) hari kalender.
Pelaksanaan pekerjaan selama 90 ( Sembilan puluh ) hari, yang dimulai pada tanggal 25 September 2010 sampai dengan tanggal 24 Desember 2010 , oleh karena itu panitia pengembang SDSN berupaya melaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

C. Penggunaan Dana Bantuan Sosial  SDSN
3.    Jumlah Dana
Pada hari Sabtu tanggal 18 September 2010 dana bantuan sosial Sekolah Dasar Standar Nasional tahun 2010 telah kami terima sebesar Rp. 120.000.000 (seratus duapuluh juta ) dan digunakan sesuai dengan juknis maupun juklak.

4.     Rincian Penggunaan  Dana Secara Keseluruhan
No
Program Kegiatan
Volume/
Sasaran
Harga Satuan
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)
1
Pengadaan Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pembelajaran dalam rangka school net




a.  Komputer / PC
Core2Duo 1066MHz FSB, 2.53GHzm Chipset Intel G31, Mem 1G 667 MHz DDR2 SDRAM up to 4GB, 2 DimmSlots, HD 160Gb HDD Two Sata 7200 rpm, DVD ROM CDRW, Modem 56 Kbps, LCD 16 Widescreen, Chasis Mini Tower, OS Wim Original ( Merk Telah terdaftar di Dep Hukum dan Ham RI ) dan Training Pemakaian 1 Bulan
2 unit
8.500.000,00
17.000.000,00

b. Infocus / LCD projektor dan Screen LCD
    Projektor
1 unit
11.000.000,00
11.000.000,00

c. Printer
    Injek, 11ppm color, 11ppm black, 4800 x      
    1200 dpi, Usb Connektion, 25 W, garansi  
    1tahun, training 1 Bulan
2 unit
700.000,00
1.400.000,00

d. Laptop / Notebook
1 unit
10.200.000,00
10.200.000,00
Jumlah I
39.600.000,00
2
Pengadaan Buku Sumber dan Buku Pengayaan




a. Pengayaan




1.  Pendidikan Agama
2 set
812.400,00
1.624.800,00

2.  Pendidikan kearganegaraan
2 set
602.400,00
1.204.800,00

3.  Bahasa Indonesia dan Sastra
2 set
1.487.400,00
2.974.800,00

4.  Ilmu Pengetahuan Sosial
2 set
3.519.400,00
7.038.800,00

5.  matematika
2 set
908.600,00
1.817.200,00

6.  Ilmu Pengetahuan Alam
2 set
3.751.150,00
7.502.300,00

7.  Seni Budaya dan Ketrampilan
2 set
1.859700,00
3.719.400,00

8.  Pendidikan Jasmani,Olahraga & Kesenian
2 set
624.600,00
1.249.200,00

9.  Muatan Lokal
2 set
1.112.300,00
2.224.600,00

10.  Pengembangan Diri
2 set
493.300,00
986.600,00




 30.342.500,00

b.  Referensi




1.  Kamus Bahasa Indonesia
2 set
210.000,00
420.000,00

2.  Kamus Besar Inggris / Asing
4 set
31.900,00
127.600,00

3.  Ensiklopedi Pendidikan Kewarganegaraan
4 set
107.800,00
431.200,00

4.  Ensiklopedi Baha Indonesia dan Sastra
4 set
42.400,00
169.600,00

5.  Ensiklopedi matematika
2 set
278.300,00
556.600,00

6.  Ensiklopedi Ilmu Pengetahuan Alam
3 set
1.902.200,00
5.706.600,00

7.  Ensiklopedi ilmu Pengetahuan Sosial
4 set
234.800,00
939.200,00

8.  Ensiklopedi Seni Budaya dan Ketrampilan
3 set
759.600,00
2.278.800,00

9.  Ensiklopedi Pendidikan Jasmani,Olahraga dan kesehatan
3 set
59.600,00
178.800,00

10.  Buku Panduan Pendidik
2 set
424.550,00
849.100,00




11.657.500,00

TOTAL



Jumlah II

42.000.000,00
I3
Pengadaan Peralatan Pendidikan.




1.    Kit Matematika Altrnatif II
2 set
800.000,00
1.600.000,00

2.    Kit matematika Kreatif
3 set
900.000,00
2.700.000,00

3.    Alat Peraga IPBA
2 set
660.000,00
1.320.000,00

4.    Kit IPA
3 set
1.100.000,00
3.300.000,00

5.    Alat Peraga bahasa Indonesia
2 set
660.000,00
1.320.000,00

6.    Alat Peraga IPS
2 set
750.000,00
1.500.000,00

7.    Alat Peraga Bahasa Inggris
2 set
660.000,00
1.320.000,00

8.    IPBA Model Planetarium
2 set
1.000.000,00
2.000.000,00

9.    Model Peta Langit
3 set
650.000,00
1.950.000,00

10. Model Tata Surya
3 set
650.000,00
1.950.000,00

11. Peta Asia Tenggara Phisycal
2 set
650.000,00
1.300.000,00

12. Peta Afrika Physical
3 set
800.000,00
2.400.000,00

13.  Peta AmerikaPhysical
3 set
800.000,00
2.400.000,00

14. Peta Asia Physical
3 set
650.000,00
1.950.000,00

15. Peta Australia dan Selandia baru Physical
3 set
600.000,00
1.800.000,00

16. Peta Dunia Besar Physical
2 set
600.000,00
1.200.000,00

17. Peta Eropa Physical
2 set
600.000,00
1.200.000,00

18. Peta Indonesia
2 set
595.000,00
1.190.000,00





Jumlah III
32.400.000,00


No
Program Kegiatan
Volume/
Sasaran
Harga Satuan
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)
4
Pengembangan Kurikulum dan Kegiatan Administrasi


                  

a. Biaya Konsumsi Pembuatan KTSP


     304.000,00

b. Pembelian Alat Tulis Pelaksanaan KTSP


     379.000,00

c. Konsumsi Pembinaan Life Skill


     313.000,00

d. Pembelian ATK Kegiatan MBS/PAKEM untuk Guru


     907.000,00

e. Biaya Konsumsi Pembinaan PSM (Peran Serta Masyarakat)


     597.000,00

f. Biaya Administrasi dan Pelaporan


3.500.000,00
Jumlah IV
6.000.000,00
Jumlah ( I + II + III + IV )
120.000.000,00
Terbilang
Seratus Dua Puluh Juta Rupiah









Catatan : Semua kuitansi/bukti pengeluaran dan penerimaan serta foto fisik hasil pekerjaan dilampirkan

D.   Dukungan Pihak Lain
Dalam pengembangan SDSN , SDN Banjarmadu mendapatkan dukungan penuh dari komite sekolah, stakeholder, Dinas Pendidikan Kabupaten dan pengembangan SDSN.

E.   Kendala Umum dan Solusinya
Pengalaman dalam hal pengelolahan bantuan sosial SDSN masih kurang dan sebagai solusinya kami mempelajari baik juklak maupun juknis.



                                                B A B   III  PENUTUP

            Puji syukur , kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Sebagai tanda terima kasih kami yang tak terhingga atas karunia-Nya yang telah dilimpahkan kepada kami bersama dewan Guru dapat menyelesaikan salah satu tugas yakni laporan pelaksanaan bantuan sosial SD-SN SDN Banjarmadu  kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan
            Laporan pelaksanaan bantuan sosial SD-SN SDN Banjarmadu  ini memuat hal-hal yang pokok-pokok saja, sehingga dalam pelaksanaannya secara lebih teknis, oleh jajaran pengelolah dan pelaksana pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Banjarmadu.
            Dengan menyadari keterbatasan pengetahuan kami, tentu benyak kekurangan yang terdapat dalam  laporan pelaksanaan bantuan sosial SD-SN SDN Banjarmadu ini. Oleh karma itu kritik dan saran serta  pembinaan kami terima dengan tulus demi penyempurnaannya.
            Akhirnya kepada semua yang memberikan kritik dan saran serta pembinaan baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga dapat tersusun laporan pelaksanaan bantuan sosial SD-SN ini, kami sampaikan terima kasih. Semoga Allah SWT Senantiasa melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita dapat dan  mampu melaksanakan kegiatan  dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan.



                                                LAMPIRAN - LAMPIRAN

-        Profil Sekolah
-        Foto Copy Rekening Bank
-        Buku Kas Umum Agustus sampai dengan Desember 2010  
-        Surat pernyataan kesanggupan melaksanakan pekerjaan
-        Berita acara pembentukan tim pelaksana subsidi pengembang SDSN
-        Laporan penerimaan dana bantuan sosial SDSN tahun 2010
-        SPP Pajak
-        Foto Kegiatan




PEMERINTAH  KABUPATEN  LAMONGAN

                                 DINAS  PENDIDIKAN 

          SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARMADU

NSS : 101050716008     NPSN : 20506095
Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10 telp (0322) 393411)


PROFIL SEKOLAH
1.    Nama Sekolah               : SDN Banjarmadu
2.    Alamat sekolah              : Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10
Jalan                                : Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10
Kelurahan/Desa                        : Banjarmadu
Kecamatan                      : Karanggeneng
Kab/ Kota                         : Lamongan
Propinsi                           : Jawa Timur
Kode Pos                         : 62254.
Nomor Telp/HP               : 085649282221

3.    Mulai Operasional            : Tahun 1952
(lampirkan Akte pendirian bila ada)
4.    Luas Tanah/Lahan           :  3350 m2
5.    Luas Bangunan                :   707 m2
6.    Status tanah                      : Milik sendiri
7.    Status bangunan              : Milik sendiri
8.    Terakreditasi                      : A
9.    Jumlah siswa dan rombongan belajar kelas I – VI  dalam 2 tahun terkahir :


Tahun 2009
Tahun 2010
Jumlah Siswa
Jumlah Rombel
Jumlah Siswa
Jumlah Rombel
Kelas I
     25 Siswa
1    Rombel
     17 Siswa
1    Rombel
Kelas II
     32 Siswa
1    Rombel
     25 Siswa
1    Rombel
Kelas III
    24 Siswa
1    Rombel
    31 Siswa
1    Rombel
Kelas IV
     33 Siswa
1    Rombel
     26 Siswa
1    Rombel
Kelas V
    33 Siswa
1    Rombel
    33 Siswa
1    Rombel
Kelas IV
    25 Siswa
1    Rombel
    31 Siswa
1    Rombel
JUMLAH
  172 Siswa
6     Rombel
   163 Siswa
6     Rombel

10. Jumlah Guru dan Tenaga Pendukung (TU, Satpam, Penjaga Sekolah/Pesuruh)

Tetap
Tidak Tetap
Bantu/ Honorer
Guru
   8     Orang
4  Orang
-   Orang
TU
   1      Orang
-   Orang
-   Orang
Satpam
   -      Orang
-   Orang
-   Orang
Penjaga Sekolah/Pesuruh
   1      Orang
-   Orang
-   Orang

11. Data Perpustakaan                   :
- sudah memiliki, kondisi baik / rusak * )
- belum memiliki.
      Buku Perpustakaan yang dimiliki  :
- Buku Sumber / referensi        =   200  eksemplar
- Buku bacaan Pengayaan      =   350  eksemplar
- Buku Bacaan lainya               =   200  eksemplar
      Peralatan Pendidikan  yang dimiliki :
      i.    Alat Peraga IPA                       :   1 buah,baik
    ii.    Alat Peraga IPS                       :   2  buah,baik
   iii.    Alat Peraga Matematika         :   3  buah,baik
   iv.    Alat Peraga Bhs.Indonesia   :   3  buah,baik
    v.    Alat Peraga Bhs.Inggris         :   3  buah,baik
   vi.    Alat Peraga IPBA                    :   2 buah,baik
  vii.     Alat peraga Olahraga            : 12  buah,baik
      Media Pendidikan yang dimiliki :
      - Komputer                                  :   5  buah,baik
      - Wireless                                    :   2  buah,baik
- Televisi                                     :   1  buah,baik
      - Papan data sekolah                :   6  buah,baik
      - Internet                                      :   1  buah,baik
      - Piano                                         :   1  buah,baik
      - Printer                                        :   1 buah,baik
      - Pengeras suara                       :   2 buah,baik
      Perabot sekolah yang dimiliki :
- Mebelair R. KS                         :  2  buah,baik
- Mebelair R. Guru                     :  6  buah,baik
- Papan data sekolah                :  6  buah,baik
- Kipas angina /AC                    :  7  buah,baik
      -  Lemari & rak diruang kelas   :  6 buah,baik
      - Papan Statistik                         :  8 buah,baik
      - Rak Sepatu siswa                   :  5 buah,baik 
12. Jumlah ketersediaan ruang pokok :
- Ruang Kelas                   :  6  ruang  306 m2
- Ruang Guru                    :  1  ruang    51 m2
- Ruang Kepala Sek         :  1  ruang    35 m2
- Ruang Perpustakaan    :  1  ruang    35 m2
- Ruang Komputer            :  1  ruang    51 m2
- Ruang Komite Sek         :  1  ruang   12  m2
- Ruang Aula                     :  1  ruang  102 m2
- Ruang UKS                     :  1  ruang    12 m2
      - Ruang Gugus                 :  1  ruang    51 m2
13.Kegiatan dan prestasi siswa yang pernah dicapai :
NO
PRESTASI AKADEMIK & AKADEMIK
JUMLAH SISWA
1
Nilai UASBN yang baik
20   Siswa
2
Siswa yang di terima di SMP yang baik
  20  Siswa
3
Siswa yang berprestasi di Olimpiade :


- Sains
  2  Siswa

- Matematika
1  Siswa

- Karya Tulis Ilmiah
 -  Siswa

- Olah Raga
2  Siswa

- Kesenian
2  Siswa

- Keagamaan
3  Siswa





Lamongan, 18 September 2010

Mengetahui
Ketua Komite Sekolah




H. SUCIPTO

Yang membuat usulan
Kepala Sekolah




MOCH.MAS’UD,BA
NIP. 19610512 198021 1 022




REKENING BANK


Nama Bank               : BRI
Cabang                      : Lamongan
Unit                             : Sukodadi
Nomor Rekening     : 6301-01-000390-50-8
Atas Nama                : SDN Banjarmadu
(Harus disertakan/dilampirkan Fotokopi Rekening Bank)



FOTOKOPI REKENING BANK
 
































PEMERINTAH  KABUPATEN  LAMONGAN

                                DINAS  PENDIDIKAN 

      SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARMADU

NSS : 101050716008     NPSN : 20506095
Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10 telp (0322) 393411)



SURAT PERNYATAAN
KESANGGUPAN MELAKSANAKAN PEKERJAAN
Nomor : 642.2/ 109 /413.101. 3538 /2010


Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                   : MOCH.MAS’UD,BA
NIP                       : 19610512 198021 1 022
Jabatan                : Kepala SDN Banjarmadu
Alamat                  : Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10
Kecamatan          : Karanggeneng
Kab/kota              : Lamongan

Dalam hal ini bertindak atas nama SDN Banjarmadu
Dengan ini menyatakan bahwa, kami sekolah penerima bantuan sosial sanggup melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada buku Pedoman Bantuan Sosial Sekolah Dasar Standar nasional tahun 2010.
Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.



Lamongan, 18 September 2010 
Kepala sekolah Penerima Subsidi
SDN
Kecamatan




                                                                                    MOCH.MAS’UD,BA
                                                                                    NIP. 19610512 198021 1 022







PEMERINTAH  KABUPATEN  LAMONGAN

                                  DINAS  PENDIDIKAN 

        SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARMADU

NSS : 101050716008     NPSN : 20506095
Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10 telp (0322) 393411)


BERITA ACARA
PEMBENTUKAN TIM PELAKSANA SUBSIDI PENGEMBANGAN SD-SN

Pada Hari ini Sabtu tanggal delapan belas bulan September tahun dua ribu sepuluh. Kami yang bertanda tangan di bawah ini, melalui forum musyawarah pemilihan dan Pembentukan Tim Pelaksana Subsidi Pengembangan sekolah Dasar Standar Nasional SDN Banjarmadu bertempat di SDN Banjarmadu yang dihadiri pihak sekolah, komite sekolah dan anggota masyarakat sebanyak 20 orang (daftar hadir terlampir), telah melaksanakan rapat pembentukan Tim Pelaksana Subsidi Pengembangan SD-SN dan menetapkan keanggotaan Tim Pelaksana Subsidi Pengembangan SD-SN dengan susunan sebagai berikut :

NO
NAMA
JABATAN / UNSUR DARI
KEDUDUKAN DALAM TIM
1
MOCH.MAS’UD,BA
Kepala Sekolah
Ketua
2
H. SUCIPTO
Komite Sekolah
Wakil Ketua
3
SUROSO,SPd
Guru
Bendahara
4
SINDHI ERI P,SPd
Guru
Sekretaris
5
AMIN,SPd
Guru
Perencana / Pengawas
6
SUTRIDNO
Guru
Anggota
7
NEMU
Guru
Anggota
8
Dst, sesuai kebutuhan **)



Tim Pelaksana Subsidi Pengambangan SD-SN yang telah dibentuk tersebut dengan menyatakan :
  1. Sanggup melaksanakan / kegiatan Pengambangan SD-SN sesuai dengan ketentuan yang berlaku,
  2. Bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pekerjaan / kegiatan secara tranparan demokratis dan akuntabel,
  3. Sanggup melaksanakan pekerjaan / kegiatan secara swakelola dengan menggalang partisipasi masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan,
  4. Bersedia menyelesaikan pekerjaan / kegiata dan membuat laporan pertanggung jawaban sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditentukan.

Demikian berita acara ini di buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Lamongan, 18 September 2010  
Kepala sekolah Penerima Subsidi
SDN
Kecamatan



                                                                                    MOCH.MAS’UD,BA
                                                                                    NIP. 19610512 198021 1 022






































PEMERINTAH  KABUPATEN  LAMONGAN

                                    DINAS  PENDIDIKAN 

            SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARMADU

NSS : 101050716008     NPSN : 20506095
Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10 telp (0322) 393411)


LAPORAN PENRIMAAN DANA BANTUAN SOSIAL
TAHUN 2010

Yang bertanda tangn di bawah ini :
Nama             : MOCH.MAS’UD,BA.
Jabatan          : Kepala SDN Banjarmadu
Alamat            : . RAYA KARANGGENENG No. 10
Telepon/HP   : 085649282221.

Dalam hal ini bertindak atas nama SD

Dengan ini melaporkan bahwa pada hari sabtu  tanggal 18 bulan September tahun 2010  Dana bantuan sosial Sekolah Dasar Standar Nasional tahun 2010 telah kami terima sebesar Rp. 120.000.000 (seratus duapuluh juta ), dan telah melaksanakan pekerjaan sesuai dengan proposal yang kami ajukan dan surat perjanjian.

 fotokopi rekening terlampir.





Lamongan, 18 September 2010

Mengetahui
Ketua Komite Sekolah



H. SUCIPTO

Yang membuat usulan
Kepala Sekolah



MOCH.MAS’UD,BA
NIP. 19610512 198021 1 022




3 komentar:

  1. assalamualaikum ! Admin SDN Banjarmadu trimakasih atas aploadnya. ini sangat membantu untuk referensi laporan bansos di SD kami.
    ada lagi yg sempat membingungkan kami yaitu di kwitansi dan nota. maksudnya cara penyetempelan kwitansi dan nota tersebut. sedangkan laporan yang diminta rangkap 4 apa semua itu di stempel basah ? mohon pencerahannya. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bnr mas Adiya Shafi, ini sngt membantu.
      Sy jg sedang mencari referensi ttg Laporan BANSOS krn baru hari ini kami terima bantuannya.
      Mohon kepada bpk Aditya Shafi sekiranya jika sdh membuat laporannya agar dikirimkn kepada sy di alamat email: sdislam@rocketmail.com
      Trma ksih sebelum & sesudahnya..

      Hapus
  2. Makasih banyak atas petunjuk yang bapak berikan, nih sangat-sangat membantu kami,

    BalasHapus