Jumat, 18 Februari 2011

Profil SDN Banjarmadu kec. Karanggeneng kab. Lamongan


PROFIL SDN BANJARMADU KEC. KARANGGENENG KAB. LAMONGAN
        PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
                    DINAS PENDIDIKAN                                                                  
       SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARMADU
NSS : 101050716008     NPSN : 20506095
Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10 telp (0322) 393411)
                                               PROFIL SEKOLAH
1.     Nama Sekolah               :    SDN Banjarmadu
2.    Alamat sekolah             :    Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10
Jalan                                     :    Jl. RAYA KARANGGENENG No. 10
Kelurahan/Desa                 :    Banjarmadu
Kecamatan                          :    Karanggeneng
Kab/ Kota                             :    Lamongan
Propinsi                                :    Jawa Timur
Kode Pos                             :    62254.
Nomor Telp/HP                   :    ( 0322 ) 393411 /  085649282221
3.    Mulai Operasional         :    Tahun 1952
4.    Luas Tanah/Lahan       :    3350 m2
5.    Luas Bangunan            :    707 m2
6.    Status tanah                  :    Milik sendiri
7.    Status bangunan          :    Milik sendiri
8.    Terakreditasi                  :    A

Gambaran Umum SDN Banjarmadu.

             Sekolah Dasar Negeri Banjarmadu Kecamatan Karanggeneng didirikan pada tahun 1952 dan telah direnofasi pada tahun 2007 dan 2009, terletak dijalan Raya Sukodadi - Karanggeneng No. 10 Desa Banjarmadu ( 13 Km kearah barat laut dari ibu kota Kabupaten Lamongan ) Sekolah ini letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan serta dikelilingi oleh pemukiman penduduk petani, dan merupakan pintu gerbang bagian selatan untuk masuk pusat pemerintahan Kecamatan Karanggeneng, serta berdekatan dengan lembaga pendidikan yang lain, sehingga membuat SDN banjarmadu menjadi salah satu tujuan utama masyarakat untuk menyekolahkan anaknya. Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, ada sejumlah prestasi yang telah dicapai oleh SDN Banjarmadu, antara lain : lulusan setiap tahun selalu 100%, dan dalam lomba mata pelajaran SDN banjarmadu selalu menjadi juara ditingkat kecamatan maupun Kabupaten. Walaupun SDN Banjarmadu telah memiliki sejumlah prestasi yang baik, namun sejalan dengan tuntunan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan, SDN Banjaramadu memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kurikulum, pembelajaran, sumber daya manusia, sarana prasarana, kesiswaan, pendanaan dan peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan.  Untuk mewujudkan Visi , Misi dan tujuan pendidikan SDN Banjarmadu, memerlukan acuan dasar (benchmark) meliputi kriteria minimal berbagai aspek yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan. Acuan dasar tersebut di atas merupakan standar nasional pendidikan yang dimaksudkan untuk memacu pengelola penyelenggara satuan pendidikan agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu. Standar nasional pendidikan sebagai penjabaran Visi dan Misi pendidikan nasional tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan memuat kriteria minimal tentang komponen pendidikan yang memungkinkan setiap jenjang dan jalur pendidikan untuk mengembangkan pendidikan secara optimal sesuai dengan karakteristik dan kekhasan programnya. Lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Selain itu, standar nasional pendidikan juga dimaksudkan sebagai perangkat untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas publik dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional.
            SDN Banjarmadu sebagai lembaga pendidikan formal mengemban amanah  untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan mendukung visi dan misi pendidikan nasional. Oleh karena itu SDN Banjaramadu perlu memiliki visi , misi dan tujuan sekolah. Dengan adanya visi , misi dan tujuan sekolah, dapat dijadikan arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan.
            Berikut ini visi, misi dan tujuan pendidikan SDN Banjarmadu.
Visi Sekolah
Unggul dalam Prestasi, Berakhlakul Karimah serta Kokoh dalam Keimanan dan Ketakwaan
Misi sekolah
Meningkatkan mutu pendidikan melalui pakem mengarah Life skill, disiplin dan berakhlakul karimah.
Mewujudkan pemahaman Al – Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
Menerapkan menegemen dan membuka semangat keunggulan seluruh warga sekolah
Melakukan hubungan dengan pihak lain dalam bentuk IPTEK

Tujuan sekolah
Meningkatkan nilai rata-rata prestasi UAS untuk semua mata pelajaran
Mewakili lomba mata pelajaran tingkat kecamatan untuk maju tingkat kabupaten
Menjadi juara lomba siswa berprestasi tingkat kecamatan untuk maju lomba tingkat kabupaten
Menjadi wakil kecamatan dalam bidang porseni ke tingkat kabupaten
Meningkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab pada diri siswa melalui kegiatan kepramukaan, dan kegiatan ekstra kulikuler lainnya
Mengadakan sarana Drum Band untuk kegiatan ekstra kulikuler.
Melengkapi sarana keagamaan dan kegiatan olah raga
Mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan yang lebih tinggi yaitu SMP.
Melaksanakan penghijauan untuk kerindangan sekolah, taman, dan halaman sekolah
Melaksanakan kerukunan antar umat beragama
Mewujudkan peran serta masyarakan ( komite, wali murid paguyuban )

9.    Jumlah siswa dan rombongan belajar kelas I – VI           dalam 2 tahun terkahir :


Tahun 2009
Tahun 2010
Jumlah Siswa
Jumlah Rombel
Jumlah Siswa
Jumlah Rombel
Kelas I
     25 Siswa
1    Rombel
     17 Siswa
1    Rombel
Kelas II
     32 Siswa
1    Rombel
     25 Siswa
1    Rombel
Kelas III
    24 Siswa
1    Rombel
    31 Siswa
1    Rombel
Kelas IV
     33 Siswa
1    Rombel
     26 Siswa
1    Rombel
Kelas V
    33 Siswa
1    Rombel
    33 Siswa
1    Rombel
Kelas IV
    25 Siswa
1    Rombel
    31 Siswa
1    Rombel
JUMLAH
  172 Siswa
6     Rombel
   163 Siswa
6     Rombel

10.  Jumlah Guru dan Tenaga Pendukung (TU, Satpam, Penjaga Sekolah/Pesuruh)

Tetap
Tidak Tetap
Bantu/ Honorer
Guru
   8     Orang
5  Orang
-   Orang
TU
   1      Orang
-   Orang
-   Orang
Satpam
   -      Orang
-   Orang
-   Orang
Penjaga Sekolah/Pesuruh
   1      Orang
-   Orang
-   Orang

11.  Data Perpustakaan                       :
sudah memiliki kondisi baik
      Buku Perpustakaan yang dimiliki  :
 Buku Sumber / referensi                  =  1 200  eksemplar
 Buku bacaan Pengayaan                =   1350  eksemplar
 Buku Bacaan lainya                         =   1200  eksemplar
      Peralatan Pendidikan  yang dimiliki :
Alat Peraga IPA                                  :   1   buah,baik
Alat Peraga IPS                                  :   2   buah,baik
Alat Peraga Matematika                    :   3   buah,baik
Alat Peraga Bhs.Indonesia                :   3   buah,baik
Alat Peraga Bhs.Inggris                      :   3   buah,baik
Alat Peraga IPBA                                :   2   buah,baik
 Alat peraga Olahraga                         :  12   buah,baik

      Media Pendidikan yang dimiliki :
 Komputer                                              :   9   buah,baik
 Laptop                                                   :   1   buah,baik
 LCD Proyektor                                     :   1   buah,baik
 Layar LCD Proyektor                          :   1   buah,baik
 Wireless                                               :   2   buah,baik
 Televisi                                                 :   1   buah,baik
 Papan data sekolah                            :   6   buah,baik
 Internet                                                  :   1    buah,baik
 Piano                                                    :   2    buah,baik
 Printer                                                  :   3    buah,baik
 Pengeras suara                                  :   2    buah,baik
      Perabot sekolah yang dimiliki :
 Mebelair R. KS                                   :  2  stel,baik
 Mebelair R. Guru                                : 14  buah,baik
 Papan data sekolah                           :  6   buah,baik
 Kipas angin /AC                                 :  7   buah,baik
 Lemari & rak diruang kelas               :  6   buah,baik
 Rak perpustakaan                              :  3   buah,baik
 Papan Statistik                                   :  8   buah,baik
 Rak Sepatu siswa                              :  5   buah,baik 
12.  Jumlah ketersediaan ruang pokok :
 Ruang Kelas                                       :  6  ruang  306 m2
 Ruang Guru                                         :  1  ruang    51 m2
 Ruang Kepala Sek                             :  1  ruang    35 m2
 Ruang Perpustakaan                         :  1  ruang    35 m2
 Ruang Komputer                                :  1  ruang    51 m2
 Ruang Komite Sek                            :  1  ruang   12  m2
 Ruang Aula                                         :  1  ruang  102 m2
 Ruang UKS                                        :  1  ruang    12 m2
 Ruang Gugus                                     :  1  ruang    51 m2
13.Kegiatan dan prestasi siswa yang pernah dicapai :
NO
PRESTASI AKADEMIK & AKADEMIK
JUMLAH SISWA
1
Nilai UASBN yang baik
20   Siswa
2
Siswa yang di terima di SMP yang baik
  20  Siswa
3
Siswa yang berprestasi di Olimpiade :

 4
- Sains
  2  Siswa
5
- Matematika
1  Siswa
 6
- Karya Tulis Ilmiah
 -  Siswa
 7
- Olah Raga
2  Siswa
 8
- Kesenian
2  Siswa
 9
- Keagamaan
3  Siswa








                                                                                Lamongan, 18 September 2010
Mengetahui
Ketua Komite Sekolah




H. SUCIPTO

          Yang membuat usulan
Kepala Sekolah




MOCH.MAS’UD,BA
NIP. 19610512 198021 1 022







































1 komentar: