Rabu, 23 Februari 2011

Laporan Evaluasi Diri Sekolah SDN Banjarmadu




  LAPORAN
   EVALUASI DIRI SEKOLAH
     TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011


      







      PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
      UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN
      SEKOLAH DASAR BANJARMADU
      Jalan Raya Sukodadi Karanggeneng NO. 10
      KECAMATAN KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN
2011


 

DAFTAR ISI LAPORAN EVALUSI DIRI SEKOLAH


Nomor

Bagian

Halaman

 

Kata Pengantar

 

 

Pendahuluan

 

1.     

Standar Sarana dan Prasarana

 

1.1.         

Apakah sarana sekolah sudah memadai?

 

1.2.         

Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?

 

 

 

 

2.     

Standar Isi

 

2.1.         

Apakah kurikulum  sudah sesuai dan relevan?

 

2.2.         

Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi pserta didik?

 

 

 

 

3.     

Standar Proses

 

3.1.         

Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

 

3.2.         

Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?

 

3.3.         

Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?

 

3.4.         

Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

 

3.5.         

Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?

 

3.6.         

Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

 

 

 

 

4.     

Standar Penilaian Pendidikan

 

4.1.         

Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

 

4.2.         

Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?

 

4.3.         

Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

 

 

 

 

5.     

Standar Kompetensi Lulusan

 

5.1.         

Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?

 

5.2.         
Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?


Nomor

Bagian

Halaman

 

 

 

6.     

Standar Pengelolaan

 

6.1.         

Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

 

6.2.         

Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

 

6.3.         

Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar

 

6.4.         

Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

 

6.5.         

Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagai para pendidik dan tenaga kependidikan?

 

6.6.         

Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

 

 

 

 

7.     

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

 

7.1.         

Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?

 

 

 

 

8.     

Standar Pembiayaan

 

8.1.         

Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

 

8.2.         

Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

 

8.3.         

Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

 

 

 

 




 


PENDAHULUAN

 

1.    Identitas Sekolah                     :

-       Nama Sekolah                     :  SDN BANJARMADU
-       Nomor Statistik Sekolah  :  101050716008
-       Alamat                                   :  Jl. Raya Sukodadi Karanggeneng NO. 10
                                                          Kecamatan Karanggeneng Kabupaten                  Lamongan
-       Nomor Telepon                   :  (0322) 393411          

 

2.    Identitas Kepala Sekolah  

-         Nama                               :  MOCHAMAD MAS’UD
-         Tempat, Tgl. Lahir        :  Lamongan, 12 Mei 1961
-         Alamat                             :  Jl. Ikan Bandeng 2 No.06 Lamongan
-         Nomor Telepon / HP    :  085649282221

3.    Tanggal                                   :

4.    Jumlah Murid                            :  160  anak

 

5.    Jumlah Guru                              :  13  orang           

 


6.    Tuliskan secara ringkas kinerja sekolah, mencakup visi dan misi serta program-program unggulannya.  Apa yang dituliskan hendaknya menggambarkan dan sesuai dengan apa yang dilaporkan dalam dokumen ini.
     
1.    Visi Sekolah
Unggul dalam Prestasi, Berakhlakul Karimah serta Kokoh dalam Keimanan dan Ketakwaan
2.    Misi sekolah
a.    Meningkatkan mutu pendidikan melalui pakem mengarah Life skill, disiplin dan berakhlakul karimah.
b.    Mewujudkan pemahaman Al – Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
c.    Menerapkan menegemen dan membuka semangat keunggulan seluruh warga sekolah
d.    Melakukan hubungan dengan pihak lain dalam bentuk IPTEK
3.    Tujuan sekolah
a.    Meningkatkan nilai rata-rata prestasi UAS untuk semua mapel naik
b.    Mewakili lomba mata pelajaran tingkat kecamatan untuk maju tingkat kabupaten
c.    Menjadi juara lomba siswa berprestasi tingkat kecamatan untuk maju lomba tingkat kabupaten
d.    Menjadi wakil kecamatan dalam bidang porseni ke tingkat kabupaten
e.    Meningkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab pada diri siswa melaluin kegiatan kepramukaan, dan kegiatan ekstra kulikuler lainnya
f.     Mengadakan sarana Drum Band untuk kegiatan ekstra kulikuler.
g.    Melengkapi sarana keagamaan dan kegiatan olah raga
h.    Mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan yang lebih tinggi yaitu SMP.
i.      Melaksanakan penghijauan untuk kerindangan sekolah, taman, dan halaman sekolah
j.      Melaksanakan kerukunan antar umat beragama
k.    Mewujudkan peran serta masyarakan / komite, paguyupan wali murid

4.  KEGIATAN PENUNJANG
       a.    UKS                              :   -   Menyediakan obat-obatan ringan
                                                     -   Meningkatkan kebersihan lingkungan
                                                     -   Melaksanakan Program Kerja Petunjuk Kesehatan                 
       b.   PRAMUKA                   :     -   Mengadakan latihan dan pembinaan
                                                    -   Mengikuti kegiatan yang dilaksankan       c.    PERPUSTAKAAN      :           -   Melengkapi buku-buku Perpustakaan                                                                  
                                                       -   Meningkatkan aktifitas siswa dalam     memanfaatkan Perpustakaan Sekolah (menumbuhkan minat baca )
                d.    COMPUTER                :       -   Menyediakan lab. Computer
                                             -   Menyediakan sejumlah computer untuk  kegiatan siawa  
   -   Meningkatkan kemampuan siswa dibidang ilmu dan teknologi khususnya keterampilan memanfa’atkan  computer
                                   e.   PENGHIJAUAAN             :     -   Memanfaatkan tanah kosong untuk      ditanami tanaman
                                                                         Produktif dan tanaman hias.
            F.  PHBN / PHBI                    :  -    Mengadakan / mengikuti kegiatan yang berhubungan     dengan hari Besar Nasional atau Hari Besar Agama sesuai petunjuk dari Dinas dan Pemerintahan Daerah setempat serta instansi terkait
           G.  LINTAS PROGRAM        :  -    Menjalin  kerja sama   dengan  Komite  Sekolah       dan  lembaga yang sederajat yang di desa untuk mengikuti program yang dilaksanakan di tingkat desa.

7.    Jelaskan kondisi lingkungan   sekolah ini yang menggambarkan kondisi setempat yang khas, dan ciri-ciri khusus para siswanya. Uraian di bagian ini hendaknya mencakup pula peluang yang ada atau rintangan yang dihadapi bagi pencapaian prestasi belajar atau prestasi lainnya, juga jelaskan kondisi khusus yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar (misalnya kondisi sosial-ekonomi keluarga siswa, atau para siswa dengan kebutuhan khusus).

                 Sekolah Dasar Negeri Banjarmadu Kecamatan Karanggeneng didirikan pada tahun 1952 dan telah direnofasi pada tahun 2007 dan 2009, terletak dijalan Raya Banjarmadu No. 10 Desa Banjarmadu ( 13 Km kearah barat laut dari ibu kota Kabupaten Lamongan ) Sekolah ini letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan serta dikelilingi oleh pemukiman penduduk petani, sebagai pusat pemerintahan Kecamatan Karanggeneng, serta berdekatan dengan instansi terdekat, sehingga membuat SDN banjarmadu menjadi salah satu tujuan utama masyarakat untuk menyekolahkan anaknya.
Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, ada sejumlah prestasi yang telah dicapai oleh SDN Banjarmadu, antara lain : lulusan setiap tahun selalu 100%, dalam lomba mata pelajaran SDN banjarmadu selalu menjadi juara ditingkat gugus maupun Kabupaten.
Pada dua tahun terakhir ( 2009 dan 2010 ) prestasi juara akademik menjadi juara kecamatan dan mewakili ke tingkat kabupaten, hasil kejuaraan antara lain juara III siswa berprestasi, juara II lomba baca puisi.
Walaupun SDN Banjarmadu telah memiliki sejumlah prestasi yang baik, namun sejalan dengan tuntunan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan, SDN Banjaramadu memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kurikulum, pembelajaran, sumber daya manusia, sarana prasarana, kesiswaan, pendanaan dan peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan.
Adapun permasalahann yang dihadapi adalah sebagai berikut :
1.    Kegiatan kurikuler
1.    Penyusunan program terhambat disebabkan, pengadaan kalender pendidikan dantangnya selalu terlambat .
2.    Pencapaian target kurikulum kurang maksimal. Karna kurangnya sarana dan prasarana pengajaran  serta penggunaan kegiatan pada hari efektif,. Misalanya kegiatan lomba di tingkat kecamatan .
3.    Proses belajar mengajar terhambat karna rendahnya daya serap siswa dan kurangnya minat belajar siswa di rumah. 
2.    Kesiswaan
Jumlah siswa disetiap kelas belum ideal ( bervareasi antara 15 sampai dengan 35 )
3.    Bimbingan dan penyuluhan
1.    Belum lengkapnya administrasi BP
2.    Belum ada tenaga khusus BP
4.    Ketenagaan
Tenaga guru, selain sebagai guru kelas/ bidang studi juga merangkap   tugas sekolah yang lain.
5.    Perlengkapan
1.    Ruang belajar SDN Banjarmadu dari 13 ruang , yang 5 rusak, 3 ruang digunakan TK
2.    Mebelair yang di pakai cukup
3.    Kantor Sekolah ada
4.    Ruang perpustakaan ada
5.    Lapangan Olah raga ada
6.    MCK ada tapi kurang memadai
6.    Administrasi kantor/ Pengajaran
Belum sempurnanya administrasi sekola sebagaimana buku petunjuk
7.    Keuangan
Sumber keuangan diperoleh dari dana BOS ( Biaya oprasional sekolah )
8.    Hubungan sekolah masyarakat dan lingkungan
Sudah dilaksakan rapat / pertmuan rutin setiap bulan sekali dan setiap saat jika diperlukan
9.    Supervisi , pelaporan, Evaluasi, dan monitoring ( SPEM )
1.   Belum lengkapnya administrasi   SPEM
2.   Supervisi kelas belum dapat dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali
3.    Evaluasi belajar  ( semester ) pelaksanannya menunggu ketentuan dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karanggeneng

 

 



Text Box: Bagian 1

Sarana dan Prasarana


1.   STANDAR SARANA DAN PRASARANA

1.1.      Apakah sarana sekolah sudah memadai?

Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana

  • Sekolah mematuhi standar terkait dengan sarana dan prasarana (ukuran ruangan, jumlah ruangan, dan persyaratan untuk sistem ventilasi, dll)
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan jumlah peserta didik dalam kelompok belajar
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana

Ukuran kelompok belajar
Catatan peralatan dan sumber belajar
Catatan pengeluaran
Lainnya (mohon jelaskan)













Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Lahan Sekolah :

-       Luas lahan   3350  m2
-       Rasio luas lahan terhadap peserta didik   20  m2
-       Bukti kepemilikan lahan masih dalam proses pengurusan

Bangunan Gedung
-       Luas lantai   927 m2
-       Rasio luas lantai terhadap peserta didik   5,69  m2
-       Dilengkapi instalasi listrik dengan daya   1350  watt

Tingkat yang dicapai



Prasarana dan Sarana
1.    Ruang Kelas :
·         Banyaknya ruang kelas   13  ruang
·         Banyaknya ruang kelas yang memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik)   13  ruang
·         Banyaknya ruang kelas yang tidak memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik)   -  ruang
·         Sarana ruang kelas yang tersedia   meja , kursi , almari , papan tulis , gambar , papan pajangan , alat peraga dll.
2.    Ruang Perpustakaan
  • Luas Ruang Perpustakaan  56  m2
  • Ruang perpustakaan mudah diakses
  • Sarana ruang perpustakaan yang tersedia   almari , rak buku , computer , meja baca , kursi , akses internet , buku administrasi dan buku bacaan , buku pelajaran , buku referensi dll.


 

 


3.    Laboratorium IPA
·         Luas laboratorium … m2
·         Sarana laboratorium yang tersedia …

4.    Ruang Pimpinan
·         Luas ruang pimpinan   35  m2
·         Sarana ruang pimpinan yang tersedia  meja , kursi , almari , rak buku , laptop , computer , meja kursi tamu ,papan visualisasi , televisi , kipas angin dll.

5.    Ruang Guru
-       Luas lantai   56 m2
-       Rasio luas lantai   4 m2/pendidik
-       Ruang guru dilengkapi dengan  meja , kursi , almari , rak buku , laptop , almari es , kipas angin , piano dll.

6.    Tempat beribadah
·         Luas lantai … m2
·         Sarana yang tersedia …

7.    Ruang UKS
·         Luas lantai … m2
·         Sarana yang tersedia …

8.    Jamban
·         Jumlah jamban  4 buah
·         Luas lantai tiap jamban  4 m2
·         Setiap jamban tersedia air yang cukup
·         Sarana yang tersedia  air , gayung , sabun

9.    Gudang
·         Luas lantai   56  m2
·         Sarana yang tersedia  almari


 

 

10.    Ruang Sirkulasi   150  m2  

11.   Tempat Bermain / Berolahraga
·         Tempat bermain berfungsi sebagai   area bermain, berolah raga, pendidikan jasmani, upacara, dan kegiatan ekstra kurikuler
·         Luas tempat bermain/berolah raga   978  m2.
·         Rasio tempat bermain/berolahraga   6  m2/peserta didik


 




1.2.        Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik?

Spesifikasi dalam standar sarana dan prasarana

q Bangunan

Ÿ  Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali

Ÿ  Bangunan  mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk  penyandang cacat .

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

·       Catatan pengeluaran

 

-       Pemeliharaan Bangunan.

  • Kami membuat program pemelihaharaan jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang
  • Kami melaksanakan program pemeliharaan sesuai dengan keadaan ada (catatan kegiatan pemeliharaan)
  • Kami memiliki program 7 K
  • Kami melaksanakan program 7 K

-       Kondisi Bangunan
·         Kemudahan Akses
ü  Jalan menuju sekolah ada dan berfungsi
ü  Sekolah kami mudah dijangkau

·         Keamanan
ü  Sekolah kami memiliki pagar dan pintu pagar
ü  Sekolah kami memiliki pos penjagaan yang senantiasa dijaga oleh petugas keamanan
ü  Sekolah kami memiliki petugas keamanan

·         Kebersihan
ü  Sekolah dalam keadaan bersih
ü  Sekolah memiliki memiliki tempat sampah yang cukup
ü  Sekolah kami memiliki tempat pembuangan akhir
  • Keindahan
                  Sekolah memiliki taman yang cukup dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman
  • Kenyamanan

 





























·       Observasi

 

·       Pendapat peserta didik

 

·       Pendapat guru

 

·       Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus

 

·       Lain-lain (silahkan jelaskan)

 





Text Box: Bagian 2

Standar Isi


2.    STANDAR ISI

2.1.        Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar isi

 

q Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum
Ÿ  Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis  satuan pendidikan
q Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan
Ÿ Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai  yang disusun BNSP.
Ÿ Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

 

Kerangka Dasar Kurikulum

-       Kurikulum sekolah kami memuat    5   kelompok mata pelajaran.(ada 5 kelompok, sebutkan yang dimuat)
-       Kurikulum dikembangkan berdasar   7   prinsip. (ada 7 prinsip)

Struktur Kurikulum
-       Kurikulum sekolah kami memuat   10  ( 8/10 mata pelajaran, muatan local, pengembangan diri)
-       Pembelajaran pada kelas rendah menggunakan pendekatan tematik kecuali  pelajaran agama , bahasa inggris dan olah raga
-       Jumlah jam pembelajaran perminggu adalah … jam pembelajaran.
-       Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah … menit.
-       Jumlah minggu efektif dalam setahun … minggu.
-       Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local.
-       RPP tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local.

 

Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah

 

Wawancara dengan orang tua peserta didik

Wawancara dengan peserta didik


Lain-lain


Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran
-       Sekolah kami memiliki Tim Pengembang Kurikulum.
-       Dalam penyusunan kurikulum, sekolah  kami melibatkan Kepala Sekolah, Pendidik, Komite Sekolah
-       Kami menyusun kurikulum menggunakan  Panduan Penyusunan Kurikulum dari BNSP.

-       Kurikulum sekolah kami disusun  setiap tahun

-       Kurikulum kami memuat muatan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah yaitu  Bahasa Daerah dan Bahasa Inggris
-       Kurikulum kami memuat pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, yaitu :  Pramuka , komputer , baca tulis Al Qur’an seni tari dan olah raga sesuai dengan bakat anak.




















 

..

2.2.        Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?

Spesifikasi dalam standar isi

 

§  Sekolah mematuhi standar untuk menyediakan apa yang dibutuhkan bagi pengembangan pribadi peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

 

     Ekstra Kurikuler :

-       Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler  pramuka , komputer , baca tulis Al Qur’an , seni tari dan olah raga prestasi
-       Kami memnyelenggarakan kegiatan berdasarkan kebutuhan peserta didik. (Jenis kelamin, minat, bakat, dan usia peserta didik)
-       Kami mengorganisasikan  kegiatan ekstra kurikuler.  ( Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut )

     Bimbingan dan Konseling
-       Kami menyelenggarakan  kegiatan Bimbingan dan Konseling.
-       Kami mengorganisasikan  kegiatan Bimbingan dan Konseling.(Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut)
-        

 

Wawancara orang tua peserta didik

 

Observasi

Laporan mengenai kegiatan sekolah


Lain-lain












Text Box: Bagian 3

Standar Proses Belajar










3.   STANDAR PROSES BELAJAR

3.1.      Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

Standar proses belajar

A: Silabus
Ÿ Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP)

Ÿ Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

 

 

-       100% ( 10 orang) pendidik pada seolah kami memiliki silabus.
-       Silabus dikembangkan didasarkan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan KTSP.
-       Silabus mengarah pada pencapaian SKL
-       Silabus selalu dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran.

 

Wawancara dengan orang tua peserta didik

Wawancara dengan peserta didik


Lain-lain














 ..

3.2.        Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif

Spesifikasi dalam standar proses belajar


B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar
Ÿ  Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran - Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu,  metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Reviu RPP

 

 

-       100 % ( 10 orang ) pendidik di sekolah kami menyusun Program Semester dan Program Tahunan.
-       100% ( 10 orang ) pendidik memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
-       RPP dikaji/direvieu setiap tahun
-       RPP mencakup/memuat  :  Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar).

 

Observasi kelas

 

Interviu guru

 

Interviu peserta didik

 

Lainnya


















.

3.3.        Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara  tepat?

 

Spesifikasi dalam standar proses belajar


Implementasi Proses Belajar
·      Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan

 


-       Sumber belajar yang tersedia  antara lain :  Buku teks, buku pengayaan, buku referensi, perpustakaan, laboratorium dan Lingkungan sekitar.
-       Buku teks  cukup untuk satu siswa satu buku.
-       Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu : Panduan guru, buku pengayaan, buku referensi, buku sumber belajar lainnya
-       Sebagian besar guru kami memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
-       Sebagian besar siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.

 




Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan tambahan

 

Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang

 

Wawancara dengan peserta didik

 

Lain-lain (tuliskan)













 ..

3.4.        Apakah  pembelajaran  menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

q Implementasi proses belajar
Ÿ  Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik 
Ÿ  Para peserta didik berpeluang untuk  melakukan ekplorasi, elaborasi,  dan  konfirmasi
Ÿ  Para Guru memiliki kemampuan  mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tingkat/jumlah DO

 

 

-       100 % (10 orang) pendidik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disiapkannya.
-       Dalam proses pembelajaran 100% (10 orang) pendidik menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan,menantang, dan memotivasi peserta didik.
-       Dalam proses pembelajaran 100 % (10 orang) pendidik menerapkan siklus pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif, konfirmatif)
-       100% (10 orang) pendidik mengelola kelas secara efektif. (mengatur tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, memajang hasil karya siswa)

 

Kehadiran peserta didik

 

Wawacara dengan guru dan peserta didik

 

Observasi sesama guru

 

Observasi Pengajaran

 

Rencana pengajaran dan reviu guru setelah menyampaikan pengajaran

 

Lain-lain (tuliskan)

















3.5.        Apakah sekolah memenuhi  kebutuhan semua peserta didik?

Spesifikasi dalam standar proses belajar


q Perencanaan proses belajar
Ÿ  Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik.

q  Implementasi proses belajar
Ÿ  Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya
Ÿ  Guru menghargai pendapat peserta didik
Ÿ  Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional

 

     Perencanaan Proses Belajar
-       100 % ( 10 orang) pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada peserta didik.

 

 

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

 

Kehadiran peserta didik

Observasi sesama guru

Rencana pengajaran guru

Lain-lain




Implementasi Proses Belajar

-         ... % pendidik menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya.
-         ... % (...orang) pendidik menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah
-         ...% (...orang) pendidik memberi respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta didik.


..
3.6.        Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

·         Implementasi Proses Belajar
q   Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai.
q   Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.

 

-         …% (… orang) pendidik dalam proses pembelajaran selalu menciptakan hubungan baik antara pendidik dan peserta didik.
-         Semua peserta didik kami diperlakukan dengan hormat/baik dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesama peserta didik
-         … % (… orang) pendidik selalu memberi penghargaan kepada siswa yang menunjukkan keberhasilan
-         Peserta didik dan para pendidik memiliki keinginan berprestasi dan mengharapkan pihak lainpun demikian.
-         … % (… orang) pendidik selalu member penguatan terhadap hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung.

 

Menjadikan pekerjaan anak didik sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik.

 

Perilaku lain yang relevan

Lain-lain









Text Box: Bagian 4


Standar Evaluasi


4. Standar Penilaian

4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

Spesifikasi dalam standar evaluasi
·        Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
·        Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk kriteria penguasaan minimum
·        Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat
·        Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

 

-         100% (10 orang) pendidik ) membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik.(Kisi-kisi soal, Naskah soal, Kunci Jawaban, rubrik penilaian).

-         100 % (10 orang) pendidik meyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan diujikan.
-         100 % (10 orang) pendidik mengimpormasikan rubrik penilaian dan KKM kepada peserta didik.
-         100% (10 orang) pendidik melaksanakan ulangan secara berkala sesuai dengan rencana untuk setiap mata pelajaran.
-         100 % (10 orang) pendidik menerapkan berbagai tehnik dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik. (tes, observasi, penugasan, unjuk kerja, diskusi, kerja kelompok)

 

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

 

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik

Rencana pengajaran guru

Lain-lain














4.2   Bagaimana  penilaian berdampak pada  proses belajar?

Spesifikasi dalam standard proses belajar


q Evaluasi oleh guru
Ÿ  Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik
Ÿ  Guru mempergunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

 

-            100 % (10  orang) pendidik mereviu tingkat kemajuan semua peserta didik pada akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program pembelajaran selanjutnya.

-            … % (… orang) pendidik menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan rencana tindak lanjutnya.
-            … % (… orang) pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan melaporkan hasilnya kepada orangtua peserta didik.

-            … % (… orang) pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan masukan dalam perencanaan mereka

-            100% (10  orang) pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai komentar perbaikan kepada orangtua peserta didik.

 

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

 

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik

Rencana pengajaran guru

Lain-lain


















4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

Spesifikasi dalam standar penilaian

·        Penilaian berdasarkan  unit pendidikan

Sekolah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

 

-         Sekolah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan

-         Sekolah melaporkan hasil Bimbingan dan Konseling terhadap orangtua peserta didik.

 

Wawancara orang tua

 

Wawancara guru

Laporan kegiatan sekolah

Lain-lain





















Text Box: Bagian 5


Standar Kompetensi Lulusan
















5. Kompetensi Lulusan
5.1.        Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis yang diharapkan?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

q  Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar menurut usia dan mata pelajaran.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam ketrampilan menulis, membaca dan berhitung


-         Peserta ujian ( siswa kelas enam) memiliki rata-rata nilai ujian  melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran, sesuai standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional untuk semua mata pelajaran)

-         Siswa memiliki rata-rata nilai (raport) melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran, sesuai standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional untuk semua mata pelajaran)

-         Pencapaian prestasi akademik peserta didik mengalami kemajuan/tetap/kemunduran dari tahun ke tahun.

 

Hasil Ujian

Hasil-hasil tes

Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan

Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama

Lainnya (tuliskan)














..


5.2.        Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

q  Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik
q  Sekolah mengembangkan ketrampilan hidup
q  Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta didik


-         100 % peserta didik berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.
-         100 % peserta didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten.
-         Potensi dan minat dari 100 % peserta didik  telah berkembang melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan.
-         Sekolah menyediakan berbagai kegiatan pengembangan diri.

 

Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler

Pencapaian dalam olahraga

Catatan mengenai program budaya

Laninya (tuliskan)















Text Box: Bagian 6

Standar Pengelolaan


6.      Standar Pengelolaan
6.1.        Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?  

Spesifikasi dalam standard pengelolaan

 

·        Perencanaan Program

q  Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan  pihak berkepentingan.
q  Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian,  kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pernyataan Visi dan misi sekolah

 

-         Sekolah memiliki Komite Sekolah.
-         Komite Sekolah memiliki Struktur Organisasi yang lengkap dengan tupoksi, AD ART, Rencana Kerja, Catatan Kegiatan

-         Sekolah memiliki Visi dan Visi.
-         Dalam perumusan dan penyusunan Visi dan Misi sekolah melibatkan Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua peserta didik, Tokoh masyarakat)ekolah
-         Visi dan Misi Sekolah disosialisasikan kepada Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar
-         Visi dan Misi telah difahami oleh Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar
-         Sekolah merevieu/tidak Visi dan Misi secara berkala.
-         Kepala Sekolah memiliki/ tidak memiliki Rencana Kerja.
-         Pimpinan sekolah kami mendorong evaluasi diri dan memperkuat budaya dimana seluruh staf merasa mampu dan percaya diri membangun mutu  baik di kelas maupun di luar kelas sesuai Rencana Kerja Sekolah.

 

Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi kepada pemangku kepentingan

 

Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah

Dokumen/bukti lainnya

Lain-lain












..
6.2.        Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


·        Perencanaan Program
q  Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang bekepentingan.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tujuan dan Rencana

 

 

-         Sekolah memiliki/tidak memiliki rencana kerja yang jelas dan relevan untuk jalannya sekolah dengan lancar

-         Dalam menyusun program kerja, kepala sekolah melibatkan Pendidik, Komite Sekolah,Tata Usaha, Penjaga Sekolah, Peserta Didik.
-         Rencana kerja sekolah disosialisasikan kepada peseta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan agar dipahami dengan baik
-         Sekolah mengevaluasi / tidak mengevaluasi program kerja secara berkala dan membuat program tindak lanjut hasil evaluasi.
-         Sekolah menyusun/tidak menyusun tujuan sekolah yang dibuat berdasarkan hasil yang akan dicapai bagi para peserta didik dan sejalan dengan prioritas daerah dan pusat.
-         Tujuan sekolah disosialisasikan kepada … (peseta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan) agar dipahami dengan baik
-         Sekolah menyusun/tidak menyusun Rencana Pengembangan Sekolah.
-         Rencana Pengembangan Sekolah didasarkan pada hasil Evaluasi Diri Sekolah.
-         Rencana Pengembangan Sekolah disosialisasika kepada warga sekolah, masyarakat sekitar

 

Pendokumentasian dan sosialisasi rencana

 

Lain-lain




















..
6.3.        Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


Perencanaan Program
q Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah
·      Supervisi dan Penilaian
q Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja  sekolah.
q Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Laporan evaluasi diri sekolah


-         Sekolah menyusun RKAS sebagai implementasi Rencana Kerja Tahunan yang didasarkan pada rencana jangka menengah.
-         Sekolah melaksanakan evaluasi diri sekolah secara berkala.
-         Sekolah menyusun Laporan Evaluasi Diri sekolah
-         Sekolah membuat Rencana Tindak Lanjut dari hasil evaluasi diri sekolah.
-         Sekolah menyusun  indicator keberhasilan sekolah.
-         Sekolah menetapkan prioritas kegiatan perbaikan kinerja sekolah.
-         Sekolah mensosialisasikan indicator keberhasilan dan prioritas perbaikan kinerja.

 

Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah

Interviu dengan peserta didik

Interviu dengan orang tua

Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai pencapaian mereka

Laninya (tuliskan)











....
6.4.        Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


q  Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif, efisian dan dapat dipertanggung jawabkan
q  Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses
q  Sekolah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan lain dalam sistem

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan

 

 

-         Sekolah memiliki program pengelolaan informasi berupa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut
-         Sarana informasi yang tersedia Website, telepon, papan pengumuman, kotak saran
-         Stake holder mudah/sulit mengakses informasi tentang pengelolaan sekolah.
-         Sekolah memiliki petugas pelayanan informasi.
-         Sekolah memiliki data pengelolaan sekolah yang lengkap, kurang lengkap
-         Sekolah melaporkan data pengelolaan sekolah kepada dinas terkait secara rutin.

 

Rencana Pengembangan sekolah berdasarkan bukti-bukti yang ditujukan dari data

 

Diknas kabupaten memiliki  catatan mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah

Lain-lain
















..


6.5.        Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

·        Pendidik dan Tenaga Kependidikan
q  Sekolah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi 
·        Supervisi dan Evaluasi
q  Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah

 

 

-          Sekolah memiliki program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.
-          Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan sekolah adalah pembagian tugas, pemberian penghargaan, pengembangan profesi
-          Sekolah mempromosikan pendidik dan tenaga kependidikan.
-          Sekolah memiliki program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
-          Sekolah memfasilitasi/tidak memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensinya.
-          Kepala Sekolah membuat supervisi pengelolaan secara rutin dan berkala.
-          Kepala Sekolah  melaksanakan supervisi pengelolaan dan menindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.
-          Kepala Sekolah membuat program supervisi pembelajaran secara rutin dan berkala.
-          Kepala Sekolah melaksanakan supervisi pembelajaran dan menindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.

 

Interviu guru

 

Observasi

Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai prestasi yang dicapai

Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu

Lain-lain










..


6.6.        Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


q  Sekolah melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis sekolah 
q  Warga sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai dukungan komite sekolah

 


-         Masyarakat pendukung/tidak mendukung sekolah dilibatkan dalam pengelolaan non akademik.
-         Sekolah menjalin kemitraan dengan ... (Komite Sekolah, Msyarakat sekitar, Lembaga kemasyarakatan, Dunia Usaha, Pemerintah setempat, Sekolah mitra, Asisiasi alumni) dalam kegiatan non akademik.
-         Semua warga sekolah terlibat dalam semua kegiatan sekolah.

 

Tingkat pendaftaran peserta didik

 

Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat

Lain-lain


























Text Box: Bagian 7

Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik











7.      STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN

7.1.        Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai?
Spesifikasi dalam standar pendidik dan tenaga kependidikan
q  Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar
q  Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar
q  Pendidik  dan tenaga kependidikan memenuhi standar kompetensi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan kualifikasi guru

 

Kepala Sekolah

-         Tingkat pendidikan Kepala Sekolah adalah S-1
-         Jenis Pendidikan Pendidikan 
-         Kepala Sekolah sudah bersertifikat Guru.

Guru
-         Jumlah guru kelas 6 orang
-         Jumlah guru mata pelajaran 4 orang
-         90% ( 9 orang) guru berijasah S-1.( 9 orang S-1 pendidikan )
-         100 %  orang guru memiliki latar pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
-         60 % ( 6 orang ) guru telah bersertifikat Guru

 

Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik

 

Beban mengajar guru

Laporan kepala sekolah mengenai supervisi guru

Penilaian terhadap guru dan tenaga pendidik

Lain-lain
















































Tenaga Kependidikan yang kami miliki :


  1. Tenaga Administrasi
-         Jumlah … orang, lebih/cukup/kurang
-         Pendidikan…

  1. Pustakawan
-         Jumlah 2 orang
-         Pendidikan  S- 1

  1. Laboran
-         Jumlah … orang, lebih/cukup/kurang
-         Pendidikan…
  1. Konselor
-         Jumlah … orang, lebih/cukup/kurang
-         Pendidikan…

  1. Penjaga
-         Jumlah 1 orang, lebih/cukup/kurang
-         Pendidikan SMU

  1. Tukang kebun
-         Jumlah 1 orang
-         Pendidikan  SMU

  1. mmmmm
-         Aaaaa
-         Bbbbb
-         Cccccc





Text Box: Bagian 8


Standar Pembiayaan


8. Standar Pembiayaan
8.1 Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

 

Ÿ  Pengelolaan keuangan sekolah
q Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah
q Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel.
q Sekolah membuat pelaporan  keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan

-         RAPBS dirumuskan merujuk pada peraturan pemerintah.
-         Penyusunan RAPBS melibatkan Kepala sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua Peserta Didik, Tokoh Masyarakat
-         Sekolah melakukan pembukuan keuangan yang dilengkapi dengan bukti pengeluaran yang sah.
-         Sekolah memajang laporan kinerja efektifitas anggaran di Ruang Pengumuman Sekolah
-         Pendapatan dan pengeluaran keuangan sekolah dilaporkan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
-         Sekolah melakukan  pertanggung jawaban penggunaan keuangan secara menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

 

Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

Pembukuan keuangan sekolah

Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan

Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.


Laninya (tuliskan)









8.2  Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

q Sekolah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan

 

-         Sekolah kami menjalin kemitraan dengan … (DUDI)


-         Sekolah kami mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemangku kepentingan khususnya orang tua yang mampu membantu sekolah kami

-         Sekolah kami  melanjutkan hubungan kami dengan alumni.
-         ……………………………………………………………..

 

Catatan alumni

Catatan hasil pertemuan dengan pemangku kepentigan yang relevan

Catatan pendapatan dari semua sumber

Interviu dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.

Laninya (tuliskan)
















8.3 Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

Spesifikasi dalam standard pembiayaan


q SPP siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua
q Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Angka peserta didik yang masuk dan keluar

 


-         Sekolah kami membebaskan semua peserta didik dari segala bentuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan.

-         Sekolah kami menerima semua anak usia sekolah dari berbagai tingkatan sosial ekonomi.

 

Wawancara dengan anak didik

 

Wawancara dengan orang tua

Wawancara dengan yang mewakili masyarakat

Wawancara perwakilan masyarakat daerah

Catatan SPPyang dibayarkan

Tingkat putus sekolah

Lain-lain

























 

 

PENUTUP

 

Puji syukur …………………………………………………………………………………… …. …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Aaaa……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Bbbbb……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….








                                                                                                Lamongan, 9 Januari  2011 
Ketua Komite Sekolah                                             Kepala Sekolah





                             H. SUCIPTO                                                        MOCHAMAD MAS’UD
                                                                                                           NIP.196105121982011022